Apa itu Hyperloop?


Apa itu Hyperloop? Hyperloop adalah sebuah konsep transportasi masa depan yang super cepat dan agak mirip dengan kereta yaitu, hanya berjalan pada jalurnya. Memang belum banyak orang yang mengenal konsep ini. Konsep ini pun belum ada yang menerapkan. Bahkan kini (mei-2016), konsep ini sedang dibangun di Amerika Serikat.


Apa itu Hyperloop?


Tadi katanya mirip kereta ,berarti pake rel? Tidak, Hyperloop tidak menggunakan rel. Melainkan menggunakan sebuah pipa berteknologi tinggi yang sudah dirancang khusus untuk Hyperloop. Hyperloop ini menggunakan sebuah kompressor sebagai penggeraknya.


Untuk pembuatan Hyperloop ini, tentu tidaklah murah. Elon Musk, CEO Tesla dan Space X ingin menyelesaikan proyek ini dengan cepat dan Dana yang di butuhkan pun cukup banyak yaitu, US$80 juta !!!.


Sangat luar biasa, orang Amerika Serikat sangat berani menghabiskan uangnya demi sebuah teknologi baru yang akan bermanfaat dan demi mencatat sebuah sejarah. Seharusnya, anak bangsa Indonesia juga dapat kreatif dan membuat hal-hal baru juga jika di didik dengan baik dan benar.


Saya rasa mungkin kalian penasaran dengan cara kerja dan juga kecepatannya. Oleh karena itu, penulis akan beri tahu ke anda. Tetaplah baca artikel hingga selesai jika ingin tahu.



Cara kerja Hyperloop



Pada Hyperloop, Kapsul itu bagaikan kereta. Kemudian di dalamnya terdapat bagian-bagian penting seperti kompressor bagaikan mesin dan terletak di depan, baterai bagaikan bahan bakar terletak di belakang, nozzle terletak dibawah dan disamping kapsul dan Tentunya, ditengah adalah tempat penumpang.


Pada konsepnya, Hyperloop di klaim akan mampu berjalan mencapai kecepatan 760 mil/jam atau setara dengan 1220 km/jam. Bayangkan, luar biasa bukan? Kecepatan itu dapat menyaingi kecepatan sebuah pesawat komersial yang rata-rata kecepatannya mencapai 900 km/jam.

   
Apakah itu saja? tidak, Penumpang juga akan merasakan hentakan percepatan hingga setengah kali percepatan gravitasi atau setara dengan dua sampai tiga kali hentakan ketika pesawat terbang melakukan take off maupun landing.

Semoga mengispirasi anda untuk mengembangkan sebuah teknologi.Jangan pernah takut bermimpi dan jangan pernah takut gagal. ketika anda berusaha keras maka, yakinlah kalian pasti bisa.


   Itu saja, semoga bermanfaat.


0 Response to "Apa itu Hyperloop?"

Posting Komentar