Apakah itu Virtual Reality?

Oculus Rift:Virtual reality yang tampak menjanjikan

Terlihat asik bukan? Inilah virtual reality ! Apakah itu Virtual Reality? Virtual Reality ialah Teknologi yang membuat kita dapat berinteraksi dengan dunia maya dengan membawa suasana 3D dan Real. Ketika menggunakan alat ini maka pengguna akan menikmati sensasi bermain game yang berbeda, yaitu seperti masuk ke dunia game. Tentu kita harus bersyukur bisa hidup di zaman yang canggih dan menyenangkan ini. 

Pernahkah kamu berpikir untuk ingin mengunjungi dunia game? Jika ya, virtual reality adalah alat yang dapat membuatmu menikmati dunia game dengan suasana yang lebih real seperti memasuki dunia game. Ketika bermain game dengan alat ini, perasaan tegang, menakutkan dan seru bisa menjadi satu. Jadi, untuk yang jantungnya lemah, jangan bermain game horror dengan alat ini.

A.Cara kerja Virtual Reality.

cara kerja Virtual realityKomponen Virtual reality

Maaf,mungkin saya kali ini tidak bisa menjelaskan banyak tentang cara kerja Virtual Reality tapi,mudah-mudahan ini bermanfaat.Jadi komponen terdiri dari:2 buah lensa,housing,2 buah liquid crystal display(LCD),spacer,driver electronics,backlight. Sebenarnya masih banyak lagi,tapi saya hanya bisa memberitahu beberapa saja.


Jika dilihat Virtual Reality seperti sebuah kacamata yang dikasih TV yang kemudian diberi lensa. Kerennya, Oculus Rift memanfaat kan dua tampilan yang diproyeksikan ke mata pengguna.kemudian keduanya digabungkan secara otomatis oleh otak si pengguna yang membuat sensasi 3D,seolah-olah kita memasuki dunia game!.



B)Jenis-jenis/Merk Virtual Reality




1.Oculus Rift



Oculus Rift


Brand satu ini merupakan Virtual Reality yang paling terkenal dan cukup berkelas dari yang lainnya. Oculus Rift ini di aplikasikan di PC. Meskipun terkenal dan berkelas, Oculus Rift tetap memiliki saingan yang juga berkelas bernama HTC Vive. Oculus Rift memiliki harga yang cukup mahal namun kualitasnya lebih menjamin kepuasan konsumennya. Berikut produk dari Oculus

1)Oculus Rift

(seperti gambar diatas) Oculus Rift merupakan Virtual Reality yang paling menjanjikan dan populer. VR ini hanya digunakan untuk PC yang sudah siap bermain dengan Oculus Rift. Jadi, tidak sembarang PC bisa bermain dengan Oculus Rift. Oculus Rift merupakan basic virtual reality atau tidak ada tambahan khusus.

2)Oculus Touch

  
Oculus Touch

pada Oculus Touch berbeda dengan Oculus Rift. Yaitu terdapat tambahan pada controllernya seperti gambar di atas. jadi, disana hanya sedikit tombol dan kita bermain dengan gerakan. Betapa asyiknya bermain dengan gerakan. Jika kalian ingin berolahraga sambil bermain game, maka benda ini cocok untuk anda. Ingat, VR ini buatan Oculus yang cukup berkelas dan harga yang cukup tinggi. Jadi, mungkin kamu harus rela mengeluarkan uang untuk membeli Oculus Touch.

3)Oculus Gear VR (Samsung Gear VR)
Samsung gear VR

Kalau yang satu ini merupakan VR Hasil kerja sama Oculus dengan Samsung. Namun, memerlukan Hp Samsung Galaxy yang berkelas seperti S6/ S5/ Note 5. Dengan smartphone buatan Samsung yang terkenal dengan kualitas layarnya yang sangat baik di tambah virtual reality yang berkelas, tentunya virtual reality ini sangat menjanjikan untuk kalian yang ingin merasakan suasana real ketika bermain game maupun menonton video.

Harga Samsung Gear VR tentunya akan lebih mahal di bandingkan VR khusus smartphone lainnya. Mahal karena desainnya yang keren dan canggih, video dan suara yang berkualitas, serta mudah dan nyaman di gunakan. Namun, sayangnya Samsung Gear VR hanya bisa di gunakan smartphone yang harganya mahal juga.


4)Oculus ready pc
Oculus ready
Logo oculus ready


Untuk kamu yang tidak mau ambil pusing yang ujung-ujungnya rusak, tidak bisa di gunakan atau lain-lain, bisa membeli produk Oculus Ready PC, CPU yang langsung bisa bermain dengan virtual reality. Mudah bukan?

Untuk masalah kualitas, tidak perlu di ragukan. Oculus menggandeng brand-brand berkelas seperti Nvidia, Dell, Alienware, Intel dan Asus untuk membuat Oculus Ready PC. 

2)PS4 VR

PS4 VR
PS4 VR

Untuk yang satu ini hanya Khusus untuk PS4 alias exclusive untuk PS4.Design yang keren dengan di beri lampu-lampu yang indah ini membuat PS4 vr ini terlihat keren menggoda. PS4 VR ini hanya bisa memainkan game PS4 saja dan tidak bisa di gunakan di PC, Xbox dan perangkat lainnya. Menurutku, PS4 VR merupakan sebuah langkah cerdas Sony untuk memenangkan kualitas dan penjualannya.

3)HTC vive

HTC Vive saingan Oculus
HTC Vive

Yang satu ini mungkin bentuknya agak lucu karena seperti ada kawah di depan vr. Tapi bukan berarti jelek. VR ini cukup berkelas dan merupakan saingannya Oculus Rift. HTC vive merupakan hasil kerjasama dari HTC dengan Valve.

VR ini Bisa kamu pasangkan dengan sebuah perangkat yang bernama Steam VR Base yang fungsinya untuk melacak pergerakanmu dalam sebuah ruangan berukuran maksimal 4,5mx4,5m. Jadi kita tidak membutuhkan mouse ataupun gamepad lainnya. Hanya perlu Steam VR Base saja untuk menggerakkan karaktermu dengan cara bergerak / berjalan di sekitar ruangan mu!.

Namun, bagaimana jika ruangan kita kecil? Jangan khawatir, HTC juga melengkapi Vive dengan suatu kontroller yang memiliki sensor gerakan. Kontroller ini di desain agar kamu dapat menikmati berbagai hiburan dengan baik saat menggunakan HTC Vive. Untuk kamu yang ingin menikmati berbagai hiburan dengan HTC, kabar baiknya HTC tidak mau fokus pada game saja. HTC juga menggandeng beberapa partner untuk mengisi konten Vive seperti : HBO, Google dan LionsGate.

4)Terios VR

Terios VR
Kalau yang ini mungkin lebih sederhana daripada vr yang lain dan memiliki harga yang sangat murah yaitu Rp.200.000 kebawah, Wow!. Tetapi ini hanya untuk Handphone berukuran 3,5inch-5,5inch saja. 

Tapi, dengan harga yang murah tentunya kualitas dalam segi desain, material, kenyamanan, brand dan teknologi akan sangat berbeda dengan virtual reality yang berkelas. Dengan harga yang murah, terios cocok untuk anda yang kesulitan membeli Oculus Rift ataupun HTC vive.

5)Google Cardboard


Mungkin kalian bercita-cita ingin dapat membuat VR. Jangan khawatir,kini kamu dapat menggunakan aplikasi Google Cardboard yang dapat kamu download di Playstore maupun Appstore. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang mendukung kalian yang ingin berkreasi membuat VR sendiri. Kamu dapat membuatnya dengan kardus atau bahan lainnya yang penting bisa di bentuk seperti VR atau gambar diatas.

Tampilan pada Google Cardboard sama dengan Oculus Rift. Yaitu memanfaatkan dua tampilan. Selain itu, kamu dapat memasang kan magnet kecil di samping yang digunakan sebagai kontrollernya. Sederhana bukan? Jadi jangan khawatir jika kamu ingin memiliki VR namun uang terbatas. Kamu dapat menggunakan Google Cardboard, kardus dan magnet sebagai bahan dasar ketika kamu ingin membuat VR.

Apakah aplikasi Google Cardboard berbayar? Tidak, aplikasi ini bisa kamu instal gratis. Selain masalah harga, agaimana gamenya? Tenang, Playstore dan appstore telah menyediakan beberapa game yang khusus dimainkan dengan VR. Kalau mau lebih jelas, kamu dapat lihat video dibawah ini.


  Itu saja, semoga bermanfaat.








0 Response to "Apakah itu Virtual Reality?"

Posting Komentar