13 penemuan muslim yang mengagumkan

  13 penemuan muslim yang mengagumkan

Kehidupan kita tidak terlepas dari teknologi. Banyak dari teknologi tersebut telah ditemukan oleh para penemu-penemu muslim. Karena ketekunan dan semangat mereka, mereka bisa membantu banyak orang, termasuk kita. Penemuan mereka sangatlah mengagumkan bagai sebuah keajaiban. 

Sebagai generasi penerus muslim seharusnya kita juga bisa menjadi manusia-manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Jika kalian bertanya "Bagaimana caranya bisa mengagumkan seperti para penemu muslim itu?" Sebenarnya akan banyak jawaban yang bisa kamu dapatkan. Banyak cara untuk menjadi bisa. Sekarang keluar dari sikap konsumtif dan mari mulailah membuat sebuah karya fenomenal.

13 penemuan muslim yang mengagumkan


1)Al-jabar(Al-khawarizmi)

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan Al-jabar. Sistem matematika yang rumit yang biasa di pelajari sejak SMP. Sistem matematika ini biasa membuat murid terpaksa melatih cara berpikirnya lebih keras daripada biasanya. Banyak yang mengatakan Al-jabar itu tidak menyenangkan. Namun, bagaimana jika kamu mengatakan bahwa Al-jabar itu sebuah permainan puzzle? Saya yakin itu akan membuatmu makin menikmati Al-jabar dan membuatmu tidak mudah stress di banding jika kamu mengatakan Al-jabar itu beban, sulit atau membosankan. Pilihlah kata-kata yang baik dalam menanggapi Al-jabar.

Kata Al-jabar berasal dari kata Al-jabr yang berarti (“ pertemuan, perhubungan atau perampungan”) Al-jabar adalah cabang matematika yang dapat dicirikan sebagai generalisasi dan arit matika. Al-jabar berasal dari negeri Mesir kuno dan Babilonia.
Ilmu al jabar

2)Globe(Syarif Al-idrisi)

Ilmuwan berkelahiran 493H/1100 M di Ceuta, Spanyol bernama Syarif Al-idrisi memang sangat tekun dalam belajar ilmu geografi. Karena kecintaanya dengan ilmu geografi, beliau berhasil membuat karya fenomenal yang masih di gunakan hingga kini, terutama ketika belajar IPS. Kenapa disebut fenomenal? dengan teknologi yang sangat terbatas, beliau sudah bisa membuat sebuah globe. Beliau wafat pada tahun 560H/1165 M.



3)Perintis mesin terbang(Abbas Qasim bin Firnas)

Beliau lahir di Iznrand Onda, Andalusia 810 M dan menjalani masa hidupnya di Cordoba. Beliau wafat pada tahun 887 M/274 H. Beliau merupakan ilmuwan yang menguasai beragam ilmu sains. Beliau adalah ilmuwan yang bermental sangat kuat, berani bertaruh dengan nyawa demi sebuah karya.

Cita-citanya untuk bisa terbang sangat kuat. Beliau berani berkelahi dengan bahaya, meskipun itu dapat merenggut nyawanya. Pada saat percobaanya di abad-9 beliau mendesain perangkat sayap seperti burung di Cordoba, Spanyol. Beliau berhasil terbang tinggi. Namun, kemudian ia terjatuh ke tanah dan tulang punggungnya patah. Meskipun pada masa hidupnya beliau tidak dapat menikmati pesawat terbang, tetapi desain beliau telah menginspirasi seniman Italia Leonardo da vinci ratusan tahun kemudian dan setelah itu pesawat bukanlah khayalan saja, sekarang kita sudah bisa terbang dengan pesawat. Luar biasa bukan?
Abbas Qasim bin Firnas perintis pesawat terbang


4)Ilmu bedah(Al-Zahrawi)

Al-Zahrawi merupakan seorang dokter yang genius dan fenomenal. Al-Zahrawi pun diangkat menjadi dokter istana pada era kekhalifahan Al-Hakam II di Andalusia. Di sana Al-Zahrawi biasa mengobati korban-korban akibat perang.

Ketika membedah, Al-Zahrawi menggunakan larutan usus kucing sebagai benang jahitan sebelum menangani operasi kedua untuk memindahkan jahitan pada luka. Al-Zahrawi juga sebagai penemu beberapa alat-alat bedah dan operasi caesar.


Al-Zahrawi penemu operasi bedah
Al-Zahrawi penemu alat bedah



5)Bekam

Sekarang bekam sudah tersebar dan di praktekkan ke seluruh dunia. Bekam sudah ada sejak zaman nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW pernah memerintahkan sahabatnya untuk mempraktekkannyaDiriwayatkan Hadits oleh At-Tirmidziy dari hadits Abdulloh bin Mas’ud, beliau berkata:

«حَدَّثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ لَيْلَةِ أُسْرِيَ بِهِ أَنَّهُ لَمْ يَمُرَّ عَلَى مَلَإٍ مِنَ المَلَائِكَةِ إِلَّا أَمَرُوهُ أَنْ مُرْ أُمَّتَكَ بِالحِجَامَةِ».

“Rosululloh (صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ) bercerita pada malam ketika diisro’kan dengannya bahwasanya beliau tidak melewati seorang malaikat dari para malaikat melainkan mereka memerintahkannya untuk: “Perintahkannlah umatmu dengan berbekam!”.

6)Kedokteran(Ibnu Syina)

Ibnu Syina seorang dokter pertama di dunia atau juga dikenal sebagai Avicenna di barat (seorang filsuf, ilmuwan). Ibnu Syina lahir pada 980 di Afsyahnah daerah dekat Bukhara, sekarang wilayah Uzbekistan (kemudian Persia), dan meninggal pada bulan Juni 1037 M di Hamadan, Persia (Iran).

Beliau suka menulis buku. Sekitar kurang lebih 450 buku yang beliau tulis dan sebagian besar buku itu tentang kedokteran. Ilmu yang dimiliki Ibnu Syina tidak hanya untuk dipraktekkan sendiri, beliau juga mengobati pasien yang akhirnya Beliau di juluk i"Bapak pengobatan modern”.


7)Engkol(Al-Jazari)
Al-Jazari penemu engkol
Tahukah anda engkol yang ada pada kendaraan mobil atau motor berbahan bakar fosil? Siapakah penemunya? Tentunya mobil atau motor berbahan bakar fosil tidak akan jalan tanpa engkol. Ternyata penemu Engkol adalah Al-Jazari ”Bapak robotika” Beliau ahli mekanik yang sangat jenius. Sehingga pada abad-13 beliau sudah mengenal teknologi robotika. 

8)Universitas(Fatimah Al-Fihri)


Fatimah al-fihri penemu universitas

Awalnya, sebelum menjadi universitas Fatimah memiliki ide pembuatan masjid bersama saudara perempuanya. Seiring berjalannya waktu, Masjid yang didirikan pada tahun 859 M di Maroko ini menjadi pusat ilmu pengetahuan di Maroko dan mengundang ketertarikan para penuntut ilmu untuk datang mendatangi majelis-majelis ilmu yang kemudian diberi nama Al-Qorawiyyin. Al-Qorawiyyin merupakan unversitas tertua yang telah tercatat di Guinnes World record! 

9)kopi

Sekarang ini kopi menjadi minuman terpopuler dan terfavorit. Awalnya, kopi ini pertama kali dibuat di Yaman pada abad ke-9. Awalnya, kopi ini digunakan oleh kaum sufi untuk menjaga ibadahnya yang dilaksanakan ketika larut malam.

Kemudian kopi ini tersebar ke Mesir yang dibawa oleh sekelompok pelajat yang kemudian kopi menjadi minuman favorit bagi sebagian besar kerajaan. Kemudian pada abad ke-13 kopi dibawa dan tersebar ke Turki. Kemudian menyebar ke Italia lewat pedagang Venesia pada abad ke-16.


10)Optik(Ibnu Haitham)


Ibnu Haitham penemu optik

Ibnu Haitham atu juga dikenal Al-hazen di barat.Beliau dilahirkan di Basrah pada tahun 354H atau 965 Masehi. Beliau seorang ilmuwan sains, falak, MTK, geometri, pengobatan dan filsafat. Beliau membuktikan bahwa manusia melihat obyek dari refleksi cahaya dan menyingkirkan teori Euclid dan Ptolemy yang bahwa cahaya dihasilkan dari dalam mata kita sendiri.

Beliau juga banyak menginspirasi penemuan-penemuan selanjutnya seperti seperti Roger Bacon dan Kepler dalam menciptakan mikroskop serta teleskop. Luar biasa bukan?


11)Siwak/sikat gigi


siwak


Sikat gigi

Sebelum sikat gigi modern digunakan. Rasulallah SAW beserta umatnya sudah menyikat giginya dengan siwak. Rasullullah memerintahkan umatnya untuk membersihkan giginya seperti diriwayatkannya hadits oleh ibnu abi syaibah:
 ‎عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلى اللهُ عَليْهِ وَسَلَّمَ: لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ وُضُوءٍ


Terjemahannya: Daripada Sayyidina Abu Hurairah رضي الله عنه , telah berkata ia: Telah bersabda Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم: Seandainya bahwa tidak memberatkan aku ke atas umatku, niscaya aku perintahkan mereka dengan bersiwak tatkala setiap kali berwudhu`. (hadits riwayat Ibn Abi Syaibah).


Meskipun siwak terlihat lebih sederhana dari sikat gigi modern jangan di remehkan. Karena siwak ini terbuat dari kayu siwak, Salvadore Persica yang ternyata didalamnya terdapat kandungan kimia yang memiliki manfaat yang hebat dan luar biasa.


Baca juga : Manfaat dari kandungan kayu siwak
12)Kamera(Ibnu Al-haitam)
Ibnu Al-Haitam ”Bapak fisika ” Tidak hanya sebagai penemu ilmu optik saja, tetapi beliau juga penemu kamera dan beliau masih meiliki karya lainnya. Dan kata kamera atau camera juga diilhami dari penemuan Al-hazen tersebut, karena beliau sendiri yang memberikan nama untuk alat ciptaannya itu dengan kata “Qumroh”.  Berasal dari kata “Qomar” dalam bahasa Arab yang berarti Bulan.
Ibnu Haitham penemu kamera
Karyanya tentang kamera ini terinspirasi oleh bulan itu sendiri. Qumroh pertama itu ialah sebuah kamar kecil yang semua sudutnya tertutup rapat tak ada cahaya sekali, hanya ada lubang kecil di depannya. Dan dengan lubang itu cahaya akan masuk kemudian menyimpan bayangan yang terbayang masuk oleh cahaya kedalam qumroh yang didalamnya sudah disediakan media untuk menyimpan bayangan tersebut.

13)Sabun mandi
Sabun mandi
Sebelumnya, sejak tahun 2000 SM bangsa Sumeria sudah mengenal sabun, tetapi sabun itu terbuat dari lemak binatang, sehingga baunya tidak enak. Kemudian pada abad ke-7M bangsa Syria(orang muslim)membuat sabun batangan pertama. Sabun itu terbuat dari minyak zaitun dan minyak al-qali yang wangi.


Itu saja, semoga bermanfaat.

0 Response to "13 penemuan muslim yang mengagumkan"

Posting Komentar