Apakah itu Teknologi Nano?

Teknologi Nano

Apakah itu teknologi nano? Teknologi Nano adalah sebuah teknologi yang menggunakan system ukuran 1-100nanometer (nm). 1 nm = satu per satu milyar meter. Jadi dengan teknologi ini kita bisa membuat sesuatu menjadi lebih praktis, canggih dan kecil dari sebelumnya.Teknologi nano tampak sangat menjanjikan masa depan yang canggih. Yuk,kita bahas teknologi nano lebih lanjut.


Apakah itu Teknologi Nano?


1)Alat untuk melihat benda berukuran Nano


Teknologi nano tentu tidak akan terjadi apabila kita tidak bisa melihat ukuran nano. Mikroskop biasa pun tidak bisa melihat benda berukuran nano. Jadi..,yang diperlukan adalah mikroskop elektron tipe Scanning elektron microscopy (SEM) dan kita juga bisa melihat dengan tunneling electron microscopy (TEM).

TEM ditemukan oleh dua ahli fisika yaitu Ernst Ruska dan Max Knoll dari Jerman, 1932. Tidak  lama itu, ilmuwan jerman lainnya Manfred von Ardenne, menciptakan SEM pada tahun 1938. Tetapi, sekarang SEM dan ETM sudah dijadikan satu menjadi STM (Scanning tunneling microscope).Tidak hanya itu, Sekarang juga sudah ada AFM (Atomic force microscopy). Berikut adalah gambar mengenai mikroskop untuk nano.



Scanning Electron Microscopy

Scanning tunneling microscopy(STM)
Scanning Tunneling Microscopy

                     
Atomic force microscopy
Atomic Force Microscopy

Mohon maaf, tidak ada gambar TEM. karena biasanya TEM biasanya sudah menjadi STM.
Partikel nano

Partikel nano adalah partikel yang berukuran 1-100 nanometer. Inovasi kini, partikel nano ada yang digunakan untuk obat, cat pelapis tahan air, lensa, dll. Untuk membuat partikel nano, kita perlu ball mill khusus untuk membuat partikel nano. Tapi sangat lama yaitu, selama ratusan jam/ratusan gram material. Tetapi, kini sudah ada inovasi baru yang membuat ballmill menjadi planetary ball mill yang putarannya seperti planet yaitu berotasi dan berevolusi yang  dapat membuat partikel nano jauh lebih cepat.

Planetary BallMill

Pengaplikasian Teknologi nano
Teknologi nano sangat memiliki banyak aplikasi misalnya, baju tahan air, cat pelapis tahan air, baterai, elektronik, kosmetik, obat kanker, carbon nano tube (Material yang sangat kuat. Kekuatannya mencapai kurang lebih 200x lebih kuat dari baja dan jauh lebih ringan!), Graphene, dll. Bahkan perkiraan nanti akan ada hp yang sangat tipis dan bisa di bengkok-bengkokan karena terbuat dari material Graphene yang sangat kuat.


gambar di atas adalah pengaplikasian teknologi nano sebagai pelapis tahan air.

Itu saja, semoga bermanfaat. Semoga dari kita semua ada yang membawa perubahan besar yang baik untuk indonesia ataupun dunia.





0 Response to "Apakah itu Teknologi Nano?"

Posting Komentar