Pedang Damaskus : pedang tertajam di dunia

Pedang Damaskus : pedang tertajam di dunia


  Tahukah kamu,kalau pedang damaskus adalah pedang tertajam di dunia?.Sebenarnya pedang tertajam di dunia bukanlah katana dari jepang,tapi pedang damaskus.Pedang ini sempat punah pada abad ke-18 karena tidak ada yang tahu cara membuatnya.Pedang damaskus memang sangat sulit di buat.Bahkan,Kini hanya beberapa orang saja yang bisa membuat pedang tertajam ini dan replikanya pun tidak sebaik dulu.


Pedang Damaskus : pedang tertajam di dunia


Siapakah yang memakai pedang ini awalnya?

  Sebenarnya pedang damaskus ini di gunakan dan dibuat oleh kaum muslim untuk berperang melawan tentara kristen pada perang salib. Tentara Crusader kaget dengan pedang kaum muslimin ini.Karena pedang ini dapat menembus baju zirah tentara Crusader dengan mudah.

  Bahkan,baju ini juga bisa membelah pedang dan perisai tentara Crusader.Pedang ini juga digunakan oleh Sholahudin Al-Ayyubi panglima perang muslim. Bahkan tidak hanya pedang beliau saja yang menggunakan besi damaskus.Tetapi,baju dan perisainya juga. Itu artinya, islam sudah menggunakan teknologi nano terlebih dahulu.

Ciri khas pedang Damaskus

  ciri khas pedang damaskus ini adalah terdapat pola air di pedangnya, Elastis, Sangat kuat, tidak mudah patah dan sangat tajam hinga bisa memotong pedang tentara Crusader.

Tekstur pedang damaskus


Bagaimana Pedang Damaskus bisa sangat kuat&tajam?

  Alasan pedang ini bisa sangat kuat dan tajam yaitu menurut sekelompok ilmuwan University of Dresden mengatakan bahwa terdapat carbon nano tubes di pedang ini,WOW!!!. itu artinya, islam sudah menggunakan teknologi nano pada zaman dahulu. Carbon nanotubes ini 200x lebih kuat daripada baja.WOW!!!.Berikut gambar mengenai struktur carbon nano tube.

Carbon nano tubes












Apa itu carbon nano tubes?

  Carbon nano tubes adalah material berteknologi nano kalian bisa baca pembahasan lanjut tentang teknologi nano di sini. Jadi.., Carbon nano tubes adalah Komposisi senyawa karbon yang berbentuk tabung dan berukuran nano.Dibentuk dengan rasio perbandingan panjang : lebar 132.000 : 1.Lebih besar dibanding material lainnya.

  Molekul silinder material ini memiliki sifat yang luar biasa dan dapat dimanfaat kan untuk teknologi nano, elektronika, optik dan berbagai bidang ilmu dan teknologi material. Karena mereka memiliki koniktivitas termal  ataupun sifat mekanis 
dari listrik yang dimiliki, karbon nanotube dapat diaplikasikan untuk berbagai macam bahan struktur.

Lalu,Apa hubungannya dengan ketajaman pedang?

  Seperti yang dikatakan tadi Carbon nanotubes Adalah material yang sangat kuat dan kecil,sehingga sangat tajam. Umumnya,baja memiliki fasa yang disebut ferit yang bersifat lunak. Tapi,Carbon nano tubes memiliki struktur (fasa) yang sangat kuat.Kemudian struktur tadi itu terdistribusi secara tertentu oleh ferit yang manghasilkan kombinasi yang luar biasa.

Itu saja, Semoga bermanfaat semoga kalian terinspirasi untuk berkarya yang baik dan membawa perubahan yang baik untuk dunia ataupun Indonesia.

0 Response to "Pedang Damaskus : pedang tertajam di dunia"

Posting Komentar