Inilah Aerogel Benda padat teringan didunia

Inilah Aerogel Benda padat teringan didunia
Pernahkah kalian bertanya-tanya, "Apa benda teringan didunia?" Benda teringan di dunia ialah Aerogel. benda ini sangat luar biasa ringan. Tidak hanya itu, Benda ini juga sangatlah kuat. Seberapa kuat? Fakta! Aerogel dapat menopang benda yang beratnya 2000 kali lebih berat dari dirinya tanpa terguling, Wow! Bukan hanya itu saja, Titik leleh benda ini pun sangat tinggi, yaitu 1200 derajat celcius, Wow! Benda ini pun sanggup memegang 15 posisi di buku rekor Guinnes untuk sifat material.

Benda padat teringan didunia dan memiliki kekuatan tinggi. Apakah anda masih penasaran? baca artikel ini hingga selesai. Jangan di screen reading supaya nanti tidak salah. Mari kita bahas Aerogel ini.


Inilah Aerogel Benda padat teringan didunia

Apakah itu Aerogel?

Aerogel adalah zat berdasar silikon dan merupakan benda padat dengan kepadatan terendah didunia. Bagaimana bisa? Material ini ringan dan padat karena terbentuk dari 99,8% udara dan foam yang kaku dengan kepadatan tiga miligram per cm kubik.

Material ini juga tampak kebiruan yang disebabkan karena Silikon dioksida menyebarkan panjang gelombang yang pendek dari cahaya. Jadi, seperti awan di langit siang hari. Tidak seperti penampilannya yang terlihat kosong (diaphanous) namun, ia sekeras foam plastik jika di pegang.

Siapakah pencipta Aerogel?

Benda padat teringan ini diciptakan pertama kali oleh Steven Kistler pada tahun 1931.

Sifat Aerogel yang menarik

Aerogel adalah material yang sangat istimewa. Tentunya, material ini memiliki sifat yang menarik.

1. memiliki struktur dendritik yang tinggi

2. konduktivitas thermal yang sangat rendah (kurang lebih 0.017 W/mK),yang memberinya sifat insulatif yang luar biasa.

3. titik leleh 1.200 derajat celcius

4. memegang 15 posisi di buku rekor guinnes untuk sifat material

5. bahkan kini Aerogel ada yang hanya bermassa jenis 1,9 mg per cm kubik dan di produksi di Lawrence Livermore National Laboratory.

Jenis-jenis Aerogel

Jenis Aerogel yang paling utama dan yang paling umum yaitu adalah Aerogel silika dan Aerogel karbon. Masing-masing memiliki perbedaan, Aerogel silika adalah Aerogel biasa yang tidak bisa mengalirkan listrik (isolator listrik), sedangkan Aerogel karbon adalah Aerogel yang berwarna hitam, terbuat dari karbon dan dapat digunakan sebagai konduktor listrik.

Selain mereka, ada juga Aerogel yang di kembangkan oleh NASA yang sangat powerful. Kekuatannya 500 kali lebih kuat dari Aerogel silika dan Aerogel karbon. Material itu bernama Aerogel polimer yang ketika di ujicoba,mampu menahan berat mobil 300 kg tanpa cacat ataupun lecet.

Pengaplikasian dan fungsi Aerogel

Meskipun penggunaan Aerogel sedikit karena harganya yang mahal, Aerogel digunakan untuk keperluan instruksi atau proyek bangunan misalnya sebagai insulator (penahan temperatur bangunan) karena memiliki konduktivitas thermal yang sangat rendah.

Aerogel juga dapat digunakan dalam bidang elektronik terutama yang jenis karbon misalnya sebagai adsorbent (penyerap), semi konduktor, pengendali difusi, katalistator dan ilusator listrik atau perangkat fiber optik.
Proses pembuatan Aerogel

  Karena saya bukan ahlinya dalam pembuatan Aerogel,Anda dapat melihatnya di Wikihow :cara membuat Aerogel.


Itu saja, semoga bermanfaat.




0 Response to "Inilah Aerogel Benda padat teringan didunia"

Posting Komentar