Panduan 3 hukum Newton

Kita hidup di bumi. Dan siapa yang tidak kenal dengan gaya gravitasi bumi? Gaya gravitasi memiliki kaitan yang cukup erat mengenai hukum Newton pelajaran fisika. Mungkin ada yang penasaran "Apa sih itu hukum newton?" Pertanyaan itu yang membuat kamu membaca artikel ini. Jika kamu ingin mendapatkan ilmu mengenai hukum Newton, maka kamu saya sarankan membaca artikel ini hingga selesai dan jangan terburu-buru supaya tidak salah paham. Mari, kita bahas mengenai hukum Newton.

Panduan 3 hukum Newton 

Apa sih itu hukum newton?

Hukum newton ialah tiga hukum fisika  yang sebagai dasar mekanika klasik. Hukum ini menggambarkan hubungan gaya yang bekerja pada suatu objek dan penyebab terjadinya sebuah gerakan.

Contoh : Apa bila kamu mendorong sebuah lemari, maka lemari tersebut akan berpindah. Dan kecepatan perpindahan lemari tesebut tergantung dengan gaya yang diberikan. Jadi, Semakin besar gaya yang kamu berikan lemari tersebut akan semakin cepat berpindah tempat.

Masalah semacam ini akan kita bahas menggunakan teori hukum Newton.


Bunyi hukum newton

Hukum 1 ="apabila resultan gaya yang bekerja pada suatu benda itu sama dengan nol, maka benda tersebut akan mempertahankan posisinya. Benda yang mula-mula diam akan tetap diam. Dan benda-benda yang bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan dengan kecepatan tetap.

   Rumus:    
Rumus hukum newton
keterangan:F = force (gaya), ∑F=resultan gaya , 0=tidak ada gaya
Rumus resultan gaya= f1 + f2=r.  keterangan = "r"=resultan.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari, kamu menaiki sepeda kemudian kamu tidak sengaja menabrak sebuah pagar. Maka apa yang terjadi? Tentu kamu akan terdorong kedepan.

Contoh kedua :Kamu meletakkan sebuah kaset diatas meja. Maka kaset tersebut tidak akan berpindah tempat bila tidak ada yang memindahkannya karena tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut.,

Hukum 2 = "Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut dan akan berbanding terbalik dengan massanya."


Rumus:

F=m.a 

keterangan:F=force/gaya (N), m=massa (kg) a=percepatan (m/s)

Rumus ke 2 : bila mencari "m" =F : a


Rumus ke 3 : nila mencari"a" = F :m


Contoh dalam kehidupan sehari-hari:Semakin berat benda,maka akan semakin sulit untuk mengangkatnya,mendorongnya,dl.


Hukum 3 = "jika benda A mengerjakan sesuatu ke benda B, maka benda B akan membalas gaya dari benda A tersebut dalam arah berlawanan. (F aksi=F reaksi)


Contoh soal

Hukum 1 carilah resultan gaya dibawah ini!
1. Aji mendorong lemari kearah kanan dengan kekuatan 30N dan Fadhil mendorong lemari ke kiri dengan kekuatan 20N.Berapakah resultannya?

R=f1ke kanan + f2 kekiri = 30N +(-20N)= 10N ke kanan.


2. Hilmy mendrong meja dengan kekuatan 30N ke kanan dan Faris mendorong meja 20 N ke kanan. Maka, berapakah resultannya?


R=f1 kanan + f1 kanan =30N + 20N=50 N kekanan.


Note:jika arahnya berlawanan,maka dikurangkan seperti contoh 1.Jika arahnya sama,maka ditambahkan seperti contoh 2.


Hukum 2 carilah f/m/a.

1. Aji mendorong mempercepat laju sepedanya dari 5 m/s menjadi 20 m/s dalam waktu 5 sekon. massa total sepeda aji=80 kg. Apabila gaya gesek ban antara jalan =150 N, berapakah gaya yang di berikan?

V1               =5 m/s

V2               =10m/s
waktu          =5 sekon
massa         =80 kg
gaya gesek  =150N

a= V1-V2 

     waktu         

=10 m/s - 5 m/s= 5 =1 m/s

      waktu           5

F = m.a
= F - f=m.a
F = f+m.a
= 150 N + 80 N .1
= 230 N.

2. Rayhan mendorong meja dengan kekuatan 10 N dengan massa meja 10kg. Berapakah percepatannya?


a=f : m

=10 : 10
=1 m/s

3. Afan mendorong lemari dengan kekuatan 20 N dengan percepatan 2m/s. berapakah massa lemari?


m =f : a

=20N : 2m/s
=10kg

Itu saja, semoga bermanfaat.


0 Response to "Panduan 3 hukum Newton "

Posting Komentar