Project Ara, Smartphone yang Bisa di Bongkar Pasang Seperti LEGO

Project Ara, Smartphone yang Bisa di Bongkar Pasang Seperti LEGO

Pernahkah anda merasa ingin untuk mengupgrade atau memperbaiki smartphone anda sendiri? Pernahkah kalian merasa keberatan ketika harus membeli smartphone baru demi performa smartphone yang lebih baik? Jika ya, maka Project Ara mungkin barang yang anda tunggu-tunggu. 

Google memiliki rencana untuk meluncurkan sebuah smartphone yang bisa di bongkar pasang seperti LEGO yang bernama Project Ara. Menyenangkan bukan kalau kita bisa memodifikasi dan mengupgrade Smartphone kita sendiri? Selain menyenangkan, tentunya juga lebih hemat. Kok bisa? Dengan Project Ara kita tidak perlu membeli smartphone baru lagi untuk merasakan performa smartphone yang lebih baik. Cocok bagi yang menjawab "ya" pada pertanyaan di paragraf pertama.

Nama Smartphone

Project  Ara, Smarphone unik

Mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa smartphone ini dinamakan Project Ara? seperti yang dikatakan oleh situs resminya " Pemimpin desainer mekanik kami bernama Ara. Dan kami juga menyukai namanya. Maka kami menamakan smartphone ini dengan Ara. Kami harap kamu juga meyukainya."

Siapakah yang membuat dan mengembangkan smartphone ini? Smartphone ini dibuat oleh tim Advanced Technology Project (ATAP) miliki Google. Konsep dari smartphone Project Ara ialah smartphone modular. Apa itu smartphone modular? Yang dimaksud smartphone modular ialah smartphone yang bagian-bagiannya terpisah kemudian kamu dapat mengganti bagian ponsel sendiri dengan cara yang mudah. 

Tentunya dengan konsep smartphone modular ini, Project Ara dapat membantu anda tidak ketinggalan zaman. Karena, jika spesifikasi smartphone anda sudah tidak jaman lagi, maka anda hanya perlu menggantinya sendiri dengan kompone yang lebih bagus.

Apa saja yang komponen yang bisa dibongkar pasang pada smartphone ini? Kamu dapat mengganti kamera, prosessor, RAM, memori internal, baterai, berbagai macam sensor, bahkan layar smartphone pun dapat di ganti. Kabar baiknya lagi, anda dapat mengganti komponen smartphone anda dengan komponen dari merk lain. misalnya, kamu dapat mengganti kamera smartphone mu dengan kamera buatan Sony. Jadi, tidak hanya terpaku dengan satu merk saja. 

Kabar baiknya, Nvidia, Marvell, Kingston, vestigen, toshiba dan sennheiser akan menjadi perusahaan komponen Project Ara. Jadi, nati akan banyak toko-toko yang menjual kompone Project Ara dan kamu juga tidak perlu bingung harus membeli komponen dimana.

Desain bentuk

  
Project Ara, smartphone yang bisa dibongkar pasang seperti Lego
Bagaimana menurutmu tentang desain bentuk dari Project Ara? mengagumkan atau biasa saja? Secara standar, Smartphone ini memiliki warna abu-abu. Mengapa mereka lebih memilih warna tersebut? Karena warna abu-abu merupakan warna yang banyak di sukai orang dan sedikit di benci orang. Berbeda dengan warna lainnya seperti putih yang gampang kotor, merah yang hanya cocok untuk wanita atau hitam yang hanya cocok untuk laki-laki.

Project Ara direncanakan memiliki tiga ukuran, yaitu : Small (118 x 45 x 9.7 mm), medium (141 x 6.8 x 9.7 mm) dan big (164 x 91 x 9.7 mm). Dari tiga macam  ukuran tersebut memiliki ketebalan yang sama, yaitu : 9.7 mm dan tentunya memiliki sensasi yang berbeda-beda.

Project Ara juga direncanakan memiliki 6 slot fleksibel yang bisa kamu ganti dengan berbagai komponen dari berbagai merk. Kerangka pada smartphone ini terbuat dari metal endoskeletal atau yang panggilan akrabnya endos. Untuk bagian modulnya menggunakan magnet electro permanent atau magnet yang berasal dari listrik dan bersifat permanen(ada di pelajaran anak SD). 

Tentunya, bagian depan pada smartphone ini adal bagian-bagian yang berhubungan dengan user interface, seperti layar, kamera depan dan mikrofon. Dan bagian belakangnya seperti processor, RAM, baterai, memori internal, wifi, bluetooth, NFC dan berbagai sensor atau komponen lainnya.

Apakah semua komponen harus berwarna abu-abu? tidak, anda dapat menggunakan komponen yang berwarna selain abu-abu dan kamu juga dapat menghiasi smartphone mu dengan komponen yang warna-warni. Asyik bukan?

Spesifikasi

Project Ara, smartphone yang bisa dibongkar pasang seperti Lego

Secara standar, Project Ara memiliki spesifikasi seperti berikut

1.Chipset Qualcomm's Snapdragon 810 SoC 
2.Octa core Processor
3.10/25 GB internal memory
4.3GB RAM
5.Android 6.0 Marshmallow
6.akselerometer, barometer, kompas, GPS, bluetooth, gyroscope, NFC, sensor cahaya, pedometer dan fitur- fitur khusus yang masih di rahasiakan.

Ram yang cukup besar bukan? Dengan RAM yang cukup besar itu, kamu masih dapat mengupgradenya lagi. Asyik bukan?

Harga

Berapakah harga untuk smartphone bongkar pasang ini? Kabarnya kerangka Project Ara akan di jual dengan harga yang cukup murah, yaitu US$50 (Rp.750.000). Dengan harga yang cukup murah ini, kalian sudah mendapatkan spesifikasi standar, sepertiyang sudah disebutkan tadi. Namun kelemahannya, Project Ara hanya memiliki koneksi internet dengan Wi-Fi dan tidak memiliki koneksi internet seluler. Tentunya, jika kalian ingin memiliki spek yang lebih mantap harus mengeluarkan duit lebih banyak. Bahkan bisa saja harganya mencapai US$500 (Rp.7500.000).

Rencananya, Project Ara akan diluncurkan pada tahun 2017. Target Marketing Project Ara memang direncanakan untuk kelas menengah dengan harga murahnya. Untuk harga komponennya, tergantung dengan perusahaan yang memproduksinya. Namun Google memperkirakan harganya sekitar US$10-US$300 ( Rp.150.000 - Rp.4.500.000).

Perlu tahu juga, harga Project Ara di Indonesia (kalau datang ke Indonesia) tentunya akan berubah-ubah karena dolar bisa saja menguat dan bisa saja melemah.

Menarik bukan? mungkin beberapa dari kalian ada yang menambahkan smartphone ini ke daftar idamannya. smartphone ini memang keren dan unik. Maka, tidak aneh jika kamu tertarik pada smartphone ini. Jika Google bisa membuat smartphone bongkar pasang, kalau bisa anak bangsa membuat PC bongkar pasang seperti mainan LEGO.

Baca juga : Energysquare, wireless charger pad canggih untuk smartphone anda

Itu saja, semoga bermanfaat.



  









   



   



   



0 Response to "Project Ara, Smartphone yang Bisa di Bongkar Pasang Seperti LEGO"

Posting Komentar